Powered by Blogger.
RSS

ISP DAN DOMAIN

ISP


1. Pengertian ISP

    Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.

2.  Fungsi ISP

    Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
    Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
    Menyediakan modem untuk dial-up.
    Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
    Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
    Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
    Memberi tempat untuk homepage.
    ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

 3. Layanan-layanan yang diberikan oleh ISP

    Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
    Menyediakan modem untuk dial-up.
    Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
    Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
    Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
    Memberi tempat untuk homepage.
    ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

Jenis-jenis Layanan yang diberikan oleh Internet service Provider (ISP)

Jenis-jenis layanan yang diberikan Isp antara lain adalah sebagai berikut:

§ Electronic Mail/E-mail/Messaging

Electronic mail (e-mail) merupakan salah satu layanan yang tersedia di internet. Layanan ini digunakan untuk saling korespondensi antar teman, relasi, lembaga dan lain sebagainya. Dengan E-mail data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Juga kita dapat mengirim file-file berupa program, gambar, graphik dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus pada saat bersamaan. Konsep E-mail adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari Kantor Pos tersebut akan disampaikan ke Kantor Pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah. Disini si Pengirim tidak tahu apakah si orang yang dituju tersebut sudah menerima

surat tersebut, sampai surat itu dibalas.

Email atau kalau dalam istilah Indonesia, surat elektronik, adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Para pengguna email memilki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. Suatu Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pesan yang diterima akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan email.

Setiap pengguna layanan email dapat memiliki alamat E-mail dengan dua cara, yaitu

menggunakan :                                         

Ø web mail, yaitu E-mail yang dapat diperoleh dengan mendaftarkan diri pada site-site yang menyediakan E-mail space pada servernya baik yang gratis atau berbayar seperti : hotmail, yahoo mail, mailcity, usanetmail, cmpnetmail, dan lain-lain.

Ø POP mail, yaitu E-mail yang dapat diperoleh bila kita mendaftarkan diri pada mail server tertentu (biasanya dengan beberapa syarat tertentu), misalnya milik ISP dimana anda terkoneksi atau milik instansi dimana anda sedang bekerja. Browser untuk POP mail biasanya menggunakan browser tersendiri seperti Netscape Messenger atau Microsoft Internet Mail.

Alamat Email

Alamat diperlukan dalam proses pengiriman email. Sistem pengalamatan pada email

menggunakan format identitas dan domain yang digabung menggunakan karakter @ (at, dibaca et), seperti namasaya@domain.or.id . Pengiriman email dilakukan oleh protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan protokol di jaringan TCP/IP yang mengatur bagaimana email berpindah di antara host dan pemakai. Email disampaikan kepada penerima yang dituju. Sementara penerimaan email dilakukan oleh beberapa protokol yaitu POP (Post Office Protocol) dan IMAP (Internet Message Access Protocol). Protokol POP dipakai untuk mengambil email yang tersimpan pada mailbox untuk kemudian dibaca dengan menggunakan aplikasi email. IMAP memiliki fungsi yang sama dengan POP, hanya IMAP memiliki fitur yang lebih banyak daripada POP.

Layanan email biasanya dikelompokkan dalam dua basis, yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Bagi pengguna email berbasis client, aktifitas per-emailan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, misalnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet), dengan demikian, biaya koneksi ke internet dapat dihemat. Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (recieve) email dari mailbox.

Sebaliknya, bagi pengguna email berbasis web, seluruh kegiatan per-emailan harus dilakukan melalui suatu situs web. Dengan demikian, untuk menggunakannya haruslah dalam keadaan online. Alamat email dari ISP (Internet Service Provider) umumnya berbasis client, sedangkan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis seperti Hotmail (www.hotmail.com) atau YahooMail (mail.yahoo.com).

Beberapa pengguna email dapat membentuk kelompok tersendiri yang diwakili oleh sebuah alamat email. Setiap email yang ditujukan ke alamat email kelompok akan secara otomatis diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Kelompok semacam ini disebut sebagai milis (mailing list). Sebuah milis didirikan atas dasar kesamaan minat atau kepentingan dan biasanya dimanfaatkan untuk keperluan diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. Saat ini, salah satu server milis yang cukup banyak digunakan adalah Yahoogroups (www.yahoogroups.com).

Pada mulanya sistem email hanya dapat digunakan untuk mengirim informasi dalam bentuk teks standar (dikenal sebagai ASCII, American Standard Code for Information Interchange).

Saat itu sukar untuk mengirimkan data yang berupa berkas non-teks (dikenal sebagai file binary). Cara yang umum dilakukan kala itu adalah dengan menggunakan program uuencode untuk mengubah berkas binary tersebut menjadi berkas ASCII, kemudian baru dikirimkan melalui e-mail. Di tempat tujuan, proses sebaliknya dilakukan. Berkas ASCII tersebut diubah kembali ke berkas binary dengan menggunakan program uudecode. Cara ini tentunya terlalu kompleks karena tidak terintegrasi dengan sistem email.

Belakangan dikembangkan standar baru yang disebut MIME (Multipurpose Internet Mail Extensions). Standar ini diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas dengan melalui attachment (lampiran). MIME juga memungkinkan sebuah pesan dikirimkan dalam berbagai variasi jenis huruf, warna, maupun elemen grafis. Walaupun nampak

menarik, penggunaan MIME akan membengkakkan ukuran pesan email yang dikirimkan. Hal ini jelas akan memperlambat waktu yang dibutuhkan untuk mengirim maupun menerima pesan. Dalam hal ini, ada anjuran agar sedapat mungkin menggunakan format teks standar dalam penyuntingan email. Gunakan MIME hanya untuk pesan-pesan tertentu yang memang membutuhkan tampilan yang lebih kompleks.

Cara membuat akun email (email account)

Bila anda menggunakan layanan sebuah perusahaan penyedia jasa layanan internet (PJI, ISP) untuk berinternet ria, biasanya anda akan diberikan sebuah atau bahkan mungkin beberapa alamat email yang siap digunakan. Namun bila tidak, anda masih dapat membuat sebuah akun email dengan gratis pada banyak penyedia jasa layanan email yang sifatnya gratisan. Dalam kesempatan ini, akan membahas panduan cara membuat email di Yahoo! Mail dan Gmail.

§ File Transfer Protocol

File transfer protocol adalah salah satu aplikasi di Internet untuk mengambil (download) dan meletakkan (upload) suatu file di FTP server antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dengan jaringan Internet.

Protokol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut sebagai File Transfer Protocol (FTP) FTP umumnya dimanfaatkan sebagai sarana pendukung untuk kepentingan pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet. FTP juga dimanfaatkan untuk melakukan prose upload suatu halaman web ke webserver agar dapat diakses oleh pengguna internet lainnya.

Secara teknis, aplikasi FTP disebut sebagai FTP client, dan yang populer digunakan saat ini antara lain adalah Cute FTP dan WS_FTP, Aplikasi-aplikasi ini umumnya dimanfaatkan untuk transaksi FTP yang bersifat dua arah (active FTP). Modus ini memungkinkan pengguna untuk melakukan baik proses upload maupun proses download. Tidak semua semua server FTP dapat diakses dalam modus active. Untuk mencegah penyalahgunaan--yang dapat berakibat fatal bagi sebuah server FTP—maka pengguna FTP untuk modus active harus memiliki hak akses untuk mengirimkan file ke sebuah server FTP.

Hak akses tersebut berupa sebuah login name dan password sebagai kunci untuk memasuki sebuah sistem FTP server. Untuk modus passive, selama memang tidak ada restriksi dari pengelola server, umumnya dapat dilakukan oleh semua pengguna dengan modus anonymous login (log in secara anonim). Kegiatan mendownload software dari Internet misalnya, juga dapat digolongkan sebagai passive FTP.

§ News Group

Sering disebut dengan mailing list. Mailing list atau milis merupakan satu dari sekian banyak layanan di internet. Sebagai forumdiskusi antar anggota, berinteraksi dan berbagi ide secara online. Seperti halnya kelompokatau komunitas yang mempunyai kesamaan minat, hoby, visi, dll. Anggota mailing listbiasanya lintas daerah artinya jarak yang jauh bukan menjadi masalah untuksalingkomunikasi. Apalagi dengan teknologi sekarang pengiriman data bisa dilakukan dengan cepatdalam hitungan detik.Selain harus mempunyai kesamaan minat, salah satu syarat utama untuk menjadi anggotamailing list adalah mempunyai account email. Karena proses komunikasi dilakukan melaluiemail. Email yang terkirim secara otomatis akan diterima oleh semua anggota mailing list. Kecuali jika ada anggota yang no mail pada accountnya.

Ratusan bahkan mungkin ribuan mailing list yang sudah ada. Masing-masing mailing list mempunyai bahasan yang berbeda, sesuai dengan maksud dan tujuan mailing list tersebut. Ada banyak situs yang menyediakan layanan mailing list dan gratis, salah satunya adalah yahoogroups yang umum digunakan oleh banyak komunitas.

§ Telnet

Telnet dapat menghubungkan komputer yang terletak jauh dari komputer kita. Jadi yang dilihat dari monitor komputer adalah isi dari komputer yang dihubungkakn tersebut. Ini sering disebut juga “Remote Login”. Hal-hal yang dapat dilakukan dengan telnet adalah sebagai berikut:

a) Mencari katalog perpustakaan, kampus dan sebagainya

b) Mencapai database

c) Mencapai Bulettin Board Organisasi

Layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet. Dengan memanfaatkan remote login, seorang pengguna internet dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host bersangkutan. Dari sana ia dapat melakukan pemeliharaan (maintenance), menjalankan sebuah program atau malahan menginstall program baru di remote host.

Protokol yang umum digunakan untuk keperluan remote login adalah Telnet (Telecommunications Network). Telnet dikembangkan sebagai suatu metode yang memungkinkan sebuah terminal mengakses resource milik terminal lainnya (termasuk hard disk dan program-program yang terinstall didalamnya) dengan cara membangun link melalui saluran komunikasi yang ada, seperti modem atau network adapter. Dalam hal ini, protokol Telnet harus mampu menjembatani perbedaan antar terminal, seperti tipe komputer maupun sistem operasi yang digunakan.

Aplikasi Telnet umumnya digunakan oleh pengguna teknis di internet. Dengan memanfaatkan Telnet, seorang administrator sistem dapat terus memegang kendali atas sistem yang ia operasikan tanpa harus mengakses sistem secara fisik, bahkan tanpa terkendala oleh batasan geografis.

Namun demikian, penggunaan remote login, khususnya Telnet, sebenarnya mengandung resiko, terutama dari tangan-tangan jahil yang banyak berkeliaran di internet. Dengan memonitor lalu lintas data dari penggunaan Telnet, para cracker dapat memperoleh banyak informasi dari sebuah host, dan bahkan mencuri data-data penting sepert login name dan password untuk mengakses ke sebuah host. Kalau sudah begini, mudah saja bagi mereka-mereka ini untuk mengambil alih sebuah host. Untuk memperkecil resiko ini, maka telah dikembangkan protokol SSH (secure shell) untuk menggantikan Telnet dalam melakukan remote login. Dengan memanfaatkan SSH, maka paket data antar host akan dienkripsi (diacak) sehingga apabila "disadap" tidak akan menghasilkan informasi yang berarti bagi pelakunya.

§ Ghoper

Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.

Internet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu. Seorang pengguna INTERNET dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang-cabang. Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan. Fasilitas demikian disebut Gopher.

§ Chat

IRC (Internet Relay Chat)               

Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai "chat" saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard.

Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC

Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC. Ada juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar menukar file atau meninggalkan pesan. Karenanya, selain untuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh).

Belakangan, dengan semakin tingginya kecepatan akses internet, maka aplikasi chat terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (videoconference).

Aplikasi-apliakasi diatas sebenarnya adalah aplikasi dasar yang paling umum digunakan dalam internet. Selain aplikasi-aplikasi tersebut, masih ada lusinan aplikasi lainnya yang memanfaatkan jaringan internet, baik aplikasi yang sering maupun jarang dipergunakan. Teknologi internet sendiri terus berkembang sehingga aplikasi baru terus bermunculan. Disamping itu, aplikasi-aplikasi yang telah ada masih terus dikembangkan dan disempurnakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

§ Ping   

                                          

Ping (singkatan dari Packet Internet Groper) adalah sebuah program utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan cara mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respons darinya. Nama "ping" berasal dari sonar sebuah kapal selam yang sedang aktif, yang sering mengeluarkan bunyi ping ketika menemukan sebuah objek.

Apabila utilitas ping menunjukkan hasil yang positif maka kedua komputer tersebut saling terhubung di dalam sebuah jaringan. Hasil statistik keadaan koneksi ditampilkan dibagian akhir. Kualitas koneksi dapat dilihat dari besarnya waktu pergi-pulang (roundtrip) dan besarnya jumlah paket yang hilang (packet loss). Semakin kecil kedua angka tersebut, semakin bagus kualitas koneksinya.

DOMAIN

1. pengertian DOMAIN

Domain adalah sebuah nama yang unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi alamat IP. Dengan menggunakan Domain seseorang tidak perlu menghapal serangkaian IP Address sehingga memudahkan dalam menghapal maupun pengucapan.

Domain disewakan secara bebas dengan status sewa umumnya selama satu tahun. Umumnya nama domain memiliki fungsinya masing masing sesuai dengan keperluannya sebagai contoh domain .com adalah domain untuk komersil.

jadi menurut kesimpulan saya domain adalah bisa kita ibaratkan nama kita di internet, atau kita analogikan sebagai KTP (kartu tanda pengenal) kita di dunia maya.

jadi jika orang lain ingin mengenal kita, pasti kita karus memiliki domain itu, jika tidak maka bagaimana orang akan mengenal kita. karena akan sulit jika kita akan mengakses suatu komupter lain kita harus menghalap no IP yang lebih sulit dari no HP ataupun no togel maka kita harus membawa catatan kemana2 ribet dan sulit juga jika harus seperti itu,

nah disinilah para profesor teknologi mengembangkan yang namanya domain itu.

2. fungsi DOMAIN

Suatu himpunan nilai-nilai "masukan" tempat fungsi tersebut terdefinisi (ada). Sebagai contoh, domain fungsi sinus adalah bilangan riil, sedangkan domain fungsi akar kuadrat adalah bilangan riil yang lebih besar dari nol (dengan mengabaikan bilangan kompleks). Pada sistem koordinat Cartesius, domain dilambangkan oleh sumbu x atau absis.

Himpunan yang membatasi "keluaran" suatu fungsi disebut sebagai kodomain

3. Nama belakang DOMAIN

gov – Digunakan Untuk Untuk Pemerintahan

edu – Digunakan Untuk Institusi pendidikan

org – Digunakan Untuk Organisasi / Kegiatan Nonprofit

mil – Digunakan Untuk Militer

com – Digunakan Untuk Organisasi Profit / Komersial

net – Digunakan Untuk Organisasi Network

name – Digunakan untuk personal / keluarga

tv – Digunakan Untuk Pertelevisian

info – Digunakan Untuk kepentingan Informasi

biz – Digunakan Untuk Kepentingan Bisnis

travel – Digunakan Untuk Pariwisata

xxx – Digunakan untuk Hiburan Dewasa (Pornografi)

dan masih banyak lagiWalaupun telah ditetapkan fungsi domain domain tersebut, namun demikian masih banyak sekali yang tidak menggunakan domain sesuai fungsinya, termasuk domain ini ahmad-prayitno.com yang seharusnya ahmad-prayitno.name atau ahmad-prayitno.info dan domain domain lain

Dari domain domain tersebut ada domain yang bersponsor seperti .aero .cat .coop .jobs .mobi .museum .pro .tel .travel ada pula domain yang tidak bersponsor seperti .biz .com .edu .gov .info .int .mil .name .net .org. Selain itu ada juga domain yang diusulkan seperti .berlin .bzh .cym .gal .geo .kid .kids .mail .nyc .post .sco .web .xxx bahkan ada juga domain yang dihapus yaitu .nato

Beberapa contoh domain domain infrastruktur yaitu .arpa .root.

AKHIRAN DOMAIN BERDASARKAN NEGARA DAN INSTITUSI ATAU PERUSAHAAN

> Berdasarkan negara

Akhiran Negara Contoh

us Amerika Serikat city.palo-alto.ca.us, washington.k12.ia.us

uk Inggris cam.ac.uk, tvr.co.uk

my Malaysia parlimen.gov.my, jaring.my

de Jerman sgi.de

jp Jepang www.hitachi.co.jp, www.nihon-u.ac.jp

to Tonga netsurf.to

tv Tuvalu internet.tv

id Indonesia indosat.net.id, telkom.co.id

> Berdasarkan institusi atau perusahaan

Akhiran Arti Contoh

.com Badan usaha komersial, perusahaan AS ibm.com, att.com

.net Penyedia jaringan, ISP AS webtv.net

.gov Agen pemerintah AS whitehouse.gov

.edu Institusi pendidikan AS uiuc.edu

.org Institusi nonprofit AS redcross.org

.mil Militer AS army.mil

.int Internasional itu.int

2.ATURAN PENULISAN URL/NAMA DOMAIN

Langkah awal untuk menuliskan nama domain adalah dengan memilih nama domain di perlukan Research terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa banyak pesaing atau competitor yang membidik kata kunci tersebut, karena saya seorang Newbie jadi Research ini sangatlah penting bagi saya, karena saya tidak mungkin mengalahkan competitor di atas 1.000.000 maka saya harus mencari competitor yang di bawah satu juta, dan tidak kalah penting yang harus di perhatikan itu adalah CPC (Cost per click)nya harus tinggi hehe biar cepet kaya Gan. Itu yang pertama, buat yang belum tau cara research nya bisa dilihat di Sini.

Ada beberapa Strategi ketika khendak Memilih Nama Domain :

Point pertama, Domain yang akan kita gunakan harus memuat kata kunci yang kita bidik. Itu bisa di ambil dari kumpulan kata kunci MicroNiche.

Point Kedua, Pilih kata kunci mahal untuk dijadikan nama domain, heu J pasti kalian tau kan maksud saya ??? kalau bicara soal mahal berarti uang, ini berhubungan dengan adsense, supaya iklan adsense yang ada di blog kita nilai click nya mahal.

Gunakan Domain TLD (Top Levl Domain) seperti : .com .net .org atau domain yang di sesuaikan sesuai Negara yang kita target missal : .co.uk .co.id .cn .co.au, Karena berhubung saya tidak punya modal untuk membeli Domain domain ini maka saya gunakan yang gratis saja, saya pake co.cc jangan di ikutin ya ??? hasilnya tidak akan terlalu bagus kalo pake yang gratissan di sarankan buat newbie yang lain pake domain TLD biar memuaskan.

3. Nama Domain

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Sistem Penamaan Domain ; SNR (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6)

Tips cara Membuat Nama Domain / URL SEO Friendly:

Langkah pertama dalam membuat sebuah blog, Anda harus berfikir tentang konten khusus apa yang akan Anda bahas untuk mengisi blog agar sesuai dengan nama blog dan alamat URL blog yang diharapkan memenuhi standar Blog SEO Friendly, kenapa ini menjadi penting? karena pada dasarnya boot/crawler lebih menyukai sebuah blog/website yang secara khusus membahas konten tertentu, dalam arti tidak campur aduk/segala ada. Tentu akan masuk akal jika kita berfikir secara logika bahwa "Tidak seorangpun manusia yang tahu dan menguasai semua hal". Kecuali jika blog Anda banyak penulisnya dari berbagai disiplin ilmu dan kemampuan / skill.

Jika Anda memiliki kemampuan / skill pada bidang tertentu, misalnya Anda seorang penulis novel / cerpen, dokter, desainer, pelawak, bidang kesehatan atau seorang motivator..dst. Maka yang perlu diperhatikan adalah Apa nama yang sesuai / berhubungan dengan konten blog yang akan Anda bangun?.

Contoh misalnya Anda seorang perancang / desainer pakaian, tentu kata "PAKAIAN" adalah kata yang menyangkut keseluruhan yang merangkum setiap kategori / model. Apabila kita melakukan pengelompokan dari kata tersebut, maka akan terpisah-pisah oleh kategori khan?. Nah, termasuk kategori manakah Anda sebagai seorang perancang pakaian?

Mari kita coba mencari kata yang tepat : misalnya Anda seorang perancang busana Muslim. Saya coba pilih - Muslim Desain, Fashion Muslim, F-Muslim, Muslim Art Designer...dll.

Nah, jika Anda sudah menemukan nama yang tepat untuk Nama Blog, berikutnya adalah memilih / menentukan alamat URL yang sesuai dengan keinginan dan rencana Anda.

Perlu diingat bahwa dalam memilih nama dan url blog yang tepat dan sesuai dengan harapan terkadang agak sulit, karena mungkin saja sudah ada yang menggunakan nama blog / alamat url blog yang diinginkan tersebut. Jadi, disini tergantung kreativitas kita dalam menyesuaikan nama/url blog yang tidak tersedia ketika Anda membuat Nama Blog dan Alamat URL Blog tersebut.

Berikut adalah cara menemukan alamat URL yang tersedia untuk blog platform Blogger.

Saya asumsikan Anda sudah memiliki Blog ya!.

Klik tombol Blog Baru pada dashboar Blogger Anda :

Blog Baru di Blogger

Lalu ketik Nama Blog yang diinginkan, contoh - saya masukkan "Fashion Muslim" dengan URL > fashionmuslim : Jika alamat URL tidak tersedia maka akan muncul kotak warna kuning seperti contoh di bawah. artinya url tersebut sudah ada yang menggunakannya.

Dalam tahap ini Anda harus mencoba semua kemungkinan agar nama dan url blog sama dan cocok.

Usahakan unutuk menggunakan 6 - 10 huruf url saja agar masuk dalam kriteria Blog SEO Friendly.

Setelah mencari semua kemungkinan dengan mengubah setiap kata dan huruf, ternyata saya hanya menemukan f-muslim.blogspot.com memakai simbol (-) penghubung yang tersedia ditandai dengan kotak biru, lihat contoh :

Nah, lalu bagaimana menentukan nama domain dan url-nya agar sesuai harapan?

Yah, itu tergantung dari keputusan yang Anda ambil, karena Anda tidak bisa memaksakannya.

Nama domain dan URL Blog yang tersedia diatas sebenarnya kurang memenuhi kriteria SEO friendly hanya karena ada faktor simbol (-) diantara huruf URL. Alasan lain adalah : jika Anda sebagai pengunjung / pengguna internet, apakah Anda suka mengetik simbol (-) pada kolom address bar ketika ingin mengunjungi blog tersebut untuk pertamakalinya, misalkan Anda tau Nama domain Blog-nya Fashion Muslim?. Seandainya saja url diatas tersedia tanpa simbol (-) penghubung, saya pastikan akan memilihnya diantara tidak tersedianya pilihan lain.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment